fbpx

Tips Sales, Cara Efektif Menawarkan Produk

Tips Sales, Cara Efektif Menawarkan Produk

Menjadi seorang sales yang sukses memang salah satu impian bagi semua tenaga sales yang profesional.  Sehingga tidak mudah untuk menjadi seorang sales yang sukses. Akan tetapi bagi mereka yang ingin belajar pasti tahu bahwa proses tidak akan menghianati hasil.  Tentu saja anda mungkin pernah berfikir sebelumnya. Dimana kebanyakan orang bahkan berpikiran yang sama. Dimana bahwa seorang sales yang sukses ini adalah bakat sejak lahir dan memang sudah ditakdirkan menjadi seorang pemenang.

Namun anda jangan khawatir, kami pastikan untuk pemikiran tersebut tidak benar. Dimana salah satu sales yang berhasil memiliki formula yang memang terbukti bahwa mereka menggunakan waktu dan ilmu pengetahuan untuk belajar lagi dan lagi. Lalu apa saja teknik penjualan yang telah mereka pakai?

Selain itu mungkin tidak sedikit dari anda ini akan bertanya – tanya, apa kemungkinan rahasia formula mereka?  Maka salah satu jawabannya dimana mereka dalam meningkatkan penjualan dengan menggunakan ilmu pengetahuan atau sains.  Untuk teknik penjualan berbasis sains ini memang menggabungkan ilmu psikologi, sosial dan ekonomi. Serta mengumpulkan analisa tentang pembeli dan kebutuhan mereka. Bahkan juga menempatkan dalam bagian dari proses penjualan mereka. Tujuannya untuk membantu anda memulai dengan penjualan berbasis sains, tentu saja kami telah membuat panduan berbasis data ilmiah yang tersusun menjadi beberapa teknik penjualan efektif.

Inilah Tips Sales, Cara Efektif Menawarkan Produk Yang Perlu Anda Tahu

Tidak sedikit dari anda yang memiliki profesi sebagai sales bertanya – tanya. Terkait apa sih yang bikin seorang sales lebih baik daripada yang lain? Tentu, memiliki keterampilan dan pengalaman pribadi yang tepat adalah penting.  Akan tetapi untuk mampu secara konsisten mengubah prospek. Serta menutup transaksi dengan penjualan dan menjadi yang nomor satu. Di antara orang – orang sales terbaik yang ada di perusahaan memerlukan lebih dari keterampilan dan pengalaman pastinya. Nah, selama beberapa dekade terakhir ini, banyak sekali penelitian ilmiah yang telah muncul tentang bagaimana otak manusia. Membuat pilihan serta faktor mana yang dapat mempengaruhi apa yang kita katakan dan lakukan, termasuk apa yang kita beli.

Tahukah salah satu kabar baiknya, untuk pengetahuan ilmiah ini memang telah tersedia dan dapat digunakan untuk membantu anda menjadi seorang sales yang sukses.  Salah satu indikator keberhasilan seorang sales atau sebuah bisnis adalah beberapa banyak produk yang telah berhasil di jual.  Sehingga bagi anda yang sudah berpengalaman pasti tahu bahwa butuh keahlian dan kesabaran dalam melakukan penawaran produk. Dan perlu anda tahu tidak semua calon pelanggan akan merespons positif, serta penolakan adalah hal yang sangat sering terjadi dalam penawaran dan penjualan produk. Salah satu hal yang terpenting agar anda berhasil menawarkan produk anda.

Adalah dengan mengetahui bagaimana cara menawarkan produk yang baik dan benar.  Nah, di artikel ini kita akan membahas bersama – sama tentang tips sales, cara efektif menawarkan produk ke pelanggan diantaranya:

1. Percaya diri tetap menjadi modal awal

Sebelum benar – benar terjun untuk melakukan cara menawarkan produk yang baik. Anda harus memastikan bahwa anda telah memiliki kepercayaan yang tinggi.  Dengan demikian kepercayaan diri, anda dapat menawarkan produk dengan yakin serta jelas. Sehingga calon pelanggan dapat memahami produk anda dengan baik. Serta jelas sehingga calon konsumen dapat memahami produk anda ini dengan baik. Selain itu konsumen mempercayai apa yang anda tawarkan. Untuk membuat point pertama ini lebih maksimal.  Anda sebaiknya mencoba terlebih dahulu produk yang anda tawarkan sehingga anda telah memiliki pengalaman pribadi.

2. Awali dengan memahami kebutuhan konsumen

Ketika anda bertemu dengan calon konsumen, jangan pernah membicarakan tentang diri sendiri. Akan tetapi cobalah untuk lebih banyak mendengarkan keluh kesah dan ceritanya.  Maka dari situ, anda akan mengetahui hal – hal apakah yang dia butuhkan selama ini. Dan perlu diingat, bahwa setiap kebutuhan calon pelanggan bisa menjadi salah satu dasar pembelian suatu produk atau jasa.  Cermati mereka dengan cara amati karakter dan potensinya. Selain itu pastikan anda mengetahui banyak hal tentang konsumen anda. Selain itu tahap ini anda perlu tanyakan lebih banyak tentang sisi pribadi dari calon konsumen.  Nah, setelah mengenali karakter dari calon pelanggan anda.  Maka anda bisa mengaitkan kebutuhannya dengan suatu produk.  Dan salah satu sebagai contoh, maka target anda sedang membutuhkan banyak biaya untuk pengembangan UKM.

3. Pastikan menguasai produk sebelum ditawarkan

Anda harus kuasai produk yang anda ingin tawarkan.  Dan minimal, hafalkan manfaat serta syarat mendapatkannya. Kemudian hafalkan keuntungan bagi konsumen jika menggunakan produk tersebut.  Jika memang memungkinkan, maka jelaskan keunggulan dan kekurangan produk anda.  Atau memang bisa juga anda dengan memberikan sampel pada produknya. Misalnya saja begini, jika memang anda ingin menawarkan sebuah produk A dari penggadaian kepada teman yang membutuhkan laptop. Maka sebelumnya anda harus mempelajari produk A terlebih dahulu bukan.  Anda pun harus mempelajari soal pengertian produk A, syarat, prosedur, pengajuan, serta kelebihan dari produk A dll.

4. Coba jelaskan keuntungan dan manfaat produk yang anda tawarkan

Jika anda sudah menjelaskan tentang deskripsi produk, akan tetapi konsumen juga belum tertarik sama sekali? Tentu saja mungkin ada yang kurang pada penjelasan anda.  Maka coba ulangi lagi serta paparkan keuntungan dan manfaat produk secara detail.  Minimal, hingga konsumen memahami, bahwa ia membutuhkan produk tersebut.

5. Tawarkan sebuah promo yang menarik

Tentu saja setiap orang suka dengan promo yang menarik baik itu jasa maupun barang.  Maka anda pun pastinya merasa senang jika produk favorit anda ini memang di bandrol serta di diskon tinggi.  Dan untuk promosi juga bisa anda gunakan untuk menarik minat konsumen melakukan pembelian. Selain berupa potongan harga, promo bisa berbentuk hadiah voucher belanja, dan garansi spesial.

6. Berikan Pelayanan prima agar anda bisa menarik lebih banyak konsumen

Dari mana pun konsumen anda berasal, siapa pun dia. Maka selalu upayakan untuk memberikan pelayanan terbaik. Selain itu tawarkan produk yang menggunakan bahasa dengan baik.  Selain itu jangan lupa untuk memberikan sikap yang santun.  Pastikan konsumen juga tidak tersinggung dengan ucapan anda. Selain itu pastikan anda harus memberikan respons cepat ketika konsumen membutuhkan bantuan anda.

Demikian tadi tips sales cara efektif menawarkan produk kepada konsumen dari berbagai latar belakang. Selain berusaha dan bekerja keras.  Anda juga harus belajar dari kegagalan di masa silam untuk keberhasilan di masa depan.  Dan seorang yang sukses seperti Steve Jobs juga pernah mengatakan bahwa masa depan memang tidak bisa di prediksi. Akan tetapi anda harus memahami, pengalaman di masa lalu bisa menjadi salah satu pelajaran agar lebih baik lagi untuk masa yang akan datang.