fbpx

Tips Cara Presentasi Sales Yang Baik, Untuk Menawarkan Produk

Tips Cara Presentasi Sales Yang Baik, Untuk Menawarkan Produk

Untuk anda yang memang bekerja di divisi marketing. Pasti tidak mudah untuk mempromosikan mengenai suatu produk yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Sebenarnya, apakah memasarkan suatu produk kepada konsumen itu merupakan suatu yang sulit? Lalu apa sebenarnya definisi terkait presentasi penjualan tersebut?

Tahukah anda jika kualitas peresentasi penjualan ini akan menentukan apakah seseorang konsumen akan mempercayai dan menggunakan produk tersebut. Atau malah menggunakan dari perusahaan asing. Gagal memasarkan produk merupakan hal yang paling tidak diinginkan oleh seorang dari divisi marketing. Maka dari itu, dalam artikel ini akan membahas beberapa hal mengenai apa yang anda pertanyakan di atas.

Agar anda dapat memiliki gambaran atau penjelasan yang jelas mengenai topik yang akan dipertanyakan. Presentasi produk adalah suatu komunikasi 2 arah yang dilakukan untuk menjelaskan atau memberikan suatu informasi mengenai hal – hal yang penting. Dalam suatu produk atau layanan jasa yang di jual.

Atau dimiliki oleh seorang produsen agar calon konsumen tertarik untuk menggunakan atau membeli produk atau jasa yang ditawarkan.  Dalam mempresentasikan sebuah produk kepada calon konsumen, pastinya ada beberapa hal yang wajib untuk diperhatikan. Contohnya seperti memiliki topik yang menarik untuk dikolaborasikan dengan penjelasan produk atau jasa dan teknik presentasi juga perlu untuk dipersiapkan.

6 Cara Presentasi Sales yang Baik untuk Menawarkan Produk

Topik yang dipilih dapat mempengaruhi akan kualitas dari produk yang akan anda tawarkan. Untuk mendukung persiapannya, banyak praktisi melakukan survey dahulu dengan mencari informasi bagaimana presentasi yang dilakukan oleh produk pesaing. Selain memiliki tujuan, presentasi juga memiliki berbagai manfaat. Dimana presentasi ini dapat digunakan untuk menjembatani suatu penyampaian informasi kepada pihak ke-3.

Selain itu adanya presentasi ini memudahkan seseorang untuk memahami tanpa harus membaca lagi di buku.  Akan tetapi dengan catatan, anda yang mempresentasikan harus dengan materi yang lengkap. Dengan memberikan suatu penjelasan yang mendetail dan jangan sampai jauh dari topik yang sedang di bahas.

Bukan tentang seberapa banyak halaman yang dihasilkan. Namun seberapa isi dalam sebuah presentasi dapat mudah untuk dimengerti. Presentasi dengan menggunakan sentuhan digital yang nanti anda dapat mendesain isi dari pesan dan dapat dibagikan ke beberapa orang lainnya. Dengan dibuatnya materi presentasi dengan desain yang menarik.

Maka audience akan tertarik untuk membaca kembali materi yang telah anda buat. Kualitas presentasi penjualan akan menentukan apakah calon pelanggan membeli dari anda atau salah satu pesaing.  Jika anda berhasil menyakinkan pelanggan dengan cara yang tepat. Maka anda akan sukses. Sebaliknya jika anda gagal menyakinkan pelanggan maka akan gagal melakukan penjualan.

Tentunya tidak mau jika hal ini terjadi pada anda bukan? Pada bisnis atau pada perusahaan anda.  Karena itulah dalam ulasan kali ini, penulis ingin mengajak anda untuk melihat bagaimana cara membuat presentasi penjualan yang efektif.  Dengan harapan anda bisa memperbaiki presentase penjualan dan hasil penjualan dapat melebihi target yang ditentukan.  Terkait dengan hal ini ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan:

1. Membuat materi presentasi yang baik

Pada saat mempersiapkan materi, pilihlah materi yang baik atau memang sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan kepada calon konsumen. Untuk pemilihan materi pendukung, merupakan hal yang paling penting untuk dipikirkan. Akan sangat disayangkan, ketika cara penyampaian anda sudah baik. Namun materi pendukung yang dihadirkan tidak sesuai dengan produk yang ditawarkan. Jadi sangat penting untuk mencari materi yang baru serta unik.  Agar calon konsumen semakin tertarik serta percaya. Untuk menggunakan atau membeli produk jasa yang anda tawarkan. Maka buatlah poin yang lebih spesifik dan berkaitan dengan jenis calon konsumen.  Dengan melakukan survey atau penelitian terlebih dahulu. Terkait siapa calon konsumen anda. Sampaikan data atau fakta yang jelas dalam materi presentasi yang anda paparkan.

2. Membuat perhatikan

Setelah sudah mempersiapkan materi yang baik. Yang menjadi penentuan keberhasilan adalah cara anda membawakan materi pembukuan disiapkan.  Dengan memikirkan bagaimana anda membuat sebuah pembukuan presentasi yang menarik. Nantinya membuat calon konsumen merasa penasaran.  Seperti topik yang mampu menonjolkan manfaat yang dihasilkan oleh produk atau jasa jika calon konsumen menggunakannya.  Menawarkan suatu solusi dari permasalahan yang calon konsumen miliki. Serta produk atau jasa yang ditawarkan. Serta menjelaskan permasalahan yang mereka miliki.

3. Menawarkan produk

Setelah anda berhasil menciptakan perhatian calon pembeli. Selanjutnya silakan tawarkan produk anda. Kenalkan produk kepada calon pembeli anda. Jangan terlalu banyak berbicara tentang fitur produk. Kecuali fitur – fitur utama yang perlu diketahui oleh calon pembeli anda. Dimana anda harus fokus pada manfaat – manfaat utama yang akan didapatkan oleh calon pembeli.  Kemudian demonstrasikan pemakaian produk untuk memudahkan calon pembeli cara pemakaian dan penggunannya.  Setelah mengenalkan produk, dan sudah mendemonstrasikan cara penggunaan produk. Selanjutnya anda bisa menunjukkan testimoni jika ada.  Jika memang produk anda ini baru, dan presentasi ini adalah louching pertama anda. Testimoni bisa dari pakar yang masih terkait dengan produk. Jika memang anda sudah mengenalkan produk dan manfaatnya. Juga sudah menunjukkan testimony. Selanjutnya bisa menjelaskan satu atau beberapa keistimewaan dari produk anda di bandingkan dengan produk sejenis di pasaran.

4. Closing statement

Tutuplah presentasi anda dengan kalimat ajakan. Jika memang sudah menjelaskan dari awal hingga pertengahan dengan susunan yang baik.  Namun di bagian akhir gagal, hal itu sama dengan gagal menjual. Untuk closing ini menjadi kunci yang akan selalu di ingat di benak calon konsumen. Sehingga kadangkala closing ini akan menjadi penentuan apakah mereka jadi membeli atau menggunakan produk atau jasa yang anda tawarkan.

5. Follow up

Memang tidak semua calon konsumen langsung mengambil keputusan saat itu juga.  Maka dari itu, sebagai sales wajib untuk melakukan follow up kepada konsumen atas suatu usaha terakhir. Isi dari follow up bisa juga dengan memberikan informasi mengenai benefit. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai produk jasa yang anda tawarkan.

6. Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan

Ini sangat penting sebab dapat menarik pelanggan anda untuk dapat bertransaksi kembali.  Tanggapi feedback – feedback yang mereka berikan dan dengan masukan – masukannya.  Anda bisa meminta testimoni – testimoni tentang produk anda kepada mereka dan memberikan semacam reward diskon belanja kepada mereka. Dengan melakukan hal – hal tersebut maka pelanggan akan merasa dihargai oleh perusahaan anda.

7. Tips Cara Presentasi Sales yang Baik

Jika memang anda ingin sukses dalam presentasi penjualan anda perlu menggunakan 6 langkah di atas. serta mengoptimalkan semua elemen pendukung presentasi Anda. Untuk mengoptimalkan kemampuan ini bisa Anda lakukan dengan membaca buku-buku presentasi, buku panduan desain slide atau pun melalui pelatihan khusus seperti training presentasi atau training public speaking.