fbpx

6 Strategi Penjualan untuk Sales di Era New Normal

6 Strategi Penjualan untuk Sales di Era New Normal

Krisis ekonomi yang diakibatkan oleh pendemi covid 19 ini memang cukup besar. Dimana mampu menyebabkan perilaku konsumen berubah drastis.  Sejumlah ahli pun telah meramalkan adanya kemunculan fase normal baru atau yang dikenal dengan new normal.  Nah, konsumen pada fase new normal akan cenderung memperhatikan nilai.  Dimana konsumen lebih berfokus pada produk yang memiliki fungsi dan nilai untuk memenuhi kebutuhan. Dibandingkan memenuhi keinginan dan ego gengsi semata. Maka dari itu, pengusaha disarankan menjual produk yang lebih berdaya fungsi dengan harga yang realitis.

Bahkan konsumen juga dianggap tidak menghiraukan keberadaan brand tertentu dan memandang seluruh produk pada perspektif netral.  Mereka pun berfokus pada kekhawatiran, apakah krisis ini akan kembali datang? Untuk itu sebagai pengusaha perlu membangun kembali awareness produk mereka.  Perubahan perilaku lain, muncul tren grup buying atau pembelian produk secara berkelompok untuk mengambil manfaat dari sisi efisiensi harga produk itu sendiri.

Maka itu, perusahaan di tuntut mengakomodir perilaku konsumen tersebut. Perusahaan analisis data dan kecerdasan buatan ADA juga meneliti terjadi perubahan drastis pada rutinitas harian masyarakat yang menghasilkan perilaku konsumen baru. Dimana menurut mereka, konsumen cenderung beradaptasi dengan cara baru untuk memenuhi kebutuhan. Misalnya dengan berbelanja online atau transaksi via berbagai aplikasi.

Setiap sales person pasti memiliki target penjualan.  Untuk mencapai target bahkan menembus target tentunya dibutuhkan strategi yang tepat. Strategi yang tepat dan eksekusi yang tepat akan membawa hasil yang sangat luar biasa. Menjadi sales person yang hebat ibarat sedang berperang. Dalam berperang tentunya diperlukan strategi dan taktik. Bagaimana mampu memenangkan pertempuran – pertempuran. Hingga membawa kita pada akhirnya memenangkan peperangan yang besar.

Seorang sales person yang hebat pasti tidak pernah tidak terlepas dari perencanaan dan eksekusi yang hebat.  Dan perencanaan yang hebat ini tidak cukup. Dimana memerlukan eksekusi yang luar biasa dari rencana yang sudah di buat. Tindakan ini mewujudkan rencana itulah yang akhirnya akan membawa perbedaan dalam kehidupan ini. Apalagi sekarang ini cara konsumen membuat keputusan untuk melakukan pembelian ini terus berubah.  Hanya saja proses mereka melakukan pembelian tetap tidak berubah. Meski cara mereka membuat keputusan mengalami perubahan, dengan strategi penjualan yang benar. Maka anda tidak perlu khawatir. Selain itu, yang perlu diperhatikan juga adalah keseimbangan dari diri anda sendiri mulai dari cara persuasif.

Strategi Penjualan Untuk Sales Di Masa Pandemi New Normal

1. Memiliki misi yang jelas

Bagi seorang sales person yang sukses, penting sekali untuk memiliki misi untuk melakukan sesuatu.  Dalam kehidupan serta pekerjaannya.  Misi inilah yang akan menjadi bahan bakar serta memberikan energi untuk terus bertahan. Bahkan memenangkan kompetisi perbandingan. Luangkan waktu untuk berfikir dan menjawab apa misi yang akan anda lakukan. Tuliskanlah dalam buku sukses anda. Sehingga saat anda melakukan penjualan anda akan semakin semangat untuk melakukannya.

2. Break down misi menjadi goal yang detail serta spesifik

Setelah anda mampu untuk menuliskan apa yang menjadi misi dan pekerjaan anda sebagai seorang sales person. Maka mulailah pecahlah menjadi goal yang detail dan spesifik. Misalnya saja seperti membuat goal beberapa penjualan yang akan anda capai di setiap bulannya.  Selain itu pecah target tahunan menjadi target mingguan, bulanan hingga harian.  Dengan goal harian yang spesifik dan lebih detail ini sangat penting bagi seorang sales person.  Apa yang mampu dicapai hari demi hari akan membuat anda menjadi semakin bersemangat dan optimis dalam menyambut hari esok.

3. Menjual untuk memenuhi kebutuhan customer

Pastikan anda menjual tidak seperti kebanyakan sales person lainnya.  Dimana menjual dengan asal menjual. Jika memang anda melakukannya, resiko mengalami penolakan akan sangat besar.  Sehingga sangat perlu memahami apa yang menjadi kebutuhan dari customer anda sebelum menjualnya. Dengan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dari customer anda. Maka penjualan akan semakin mudah. Serta rate closing anda pun akan melonjak menjadi sangat tinggi. Dimana untuk kebutuhan anda saat itulah saat yang tepat bagi anda untuk menawarkan solusi untuk kebutuhannya.

4. Ciptakan dan pertahankan perhatian dari konsumen

Perlu anda tahu hal yang di ingat oleh customer adalah hal yang penting.  Dimana anda perlu diingat oleh customer anda mengenai produk atau jasa yang sedang anda jual.  Tentunya untuk membangun hal ini memerlukan proses waktu. Karena memang tidak ada serbuk ajaib yang dapat membuat keajaiban seketika.  Sama seperti tanaman, pada saat awal memulai, anda terlihat seperti benih.  Mungkin anda kecil bahkan tidak terlihat.  Akan tetapi jika anda terus aktif bergerak, dan konsisten. Maka lama kelamaan anda pasti akan menjadi pohon yang besar.  Maka di sinilah saat yang luar biasa untuk anda memanen hasil yang selama ini anda tabur.

5. Menjual dengan memiliki tujuan

Nah, kepada siapa anda yang menjual juga penting. Dimana tidak boleh asal menjual produk atau jasa anda.  Belum tentu semua orang membutuhkan produk serta jasa anda. Maka dari itu jual lah pada orang yang tepat.  Dimana orang yang memiliki kebutuhan akan produk atau jasa yang anda jual.  Orang yang memang memiliki kemampuan untuk membeli produk atau jasa yang anda tawarkan.

6. Bertanggung jawab atas pencapaian anda

Apapun hasil dari penjualan anda, maka bertanggung jawablah. Dimana anda tidak boleh menyalahkan situasi atau kondisi mengapa anda belum mencapai penjualan sesuai dengan target.  Apalagi jika anda mencari – cari pembenaran mengapa anda belum mampu mencapai penjualan bahkan mencari alasan yang mendukung. Perlu anda ingat, sales person hebat tidak menggantungkan apa yang dikerjakan berdasarkan emosi semata.  Mereka pun jeli membaca data dan fakta.  Buktinya pada saat kondisi tersulit sekalipun. Seorang sales person yang hebat akan mampu membuat angka penjualan yang fantastis.  Dimana mereka pun memahami pola dari data dan juga fakta yang memang mereka amati.  Selain itu mereka mengambil respons yang tepat sehingga anda mendapatkan hasil yang hebat.

Nah, itulah strategi penjualan untuk sales di era new normal yang sudah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk anda. Tidak ada rahasia sebenarnya untuk menjadi seorang sales person yang hebat.  Orang yang hebat adalah orang yang lebih banyak melakukan dari pada yang anda kira dan pikirkan. Sehingga kunci keberhasilan untuk meningkatkan penjualan adalah mulailah bergerak dan bertindak.  Selain itu sikap mental positif juga harus dimiliki oleh seorang sales. Dengan sikap ini anda kuat dalam menghadapi setiap tantangan.