fbpx

Jenis Bonus untuk Team Sales

Jenis Bonus untuk Team Sales

Tahukah anda selain gaji pokok dan tunjangan. Sebuah perusahaan juga memberikan beberapa jenis bonus untuk karyawan sebagai bentuk apresiasi perusahaan terhadap kinerja mereka.  Tidak semua perusahaan memberikan bonus – bonus tersebut.  Hal ini tentu saja tergantung pada besarnya perusahaan, laba perusahaan pada periode tertentu.  Selain itu tergantung pada strategi perusahaan dan kebijakan internal perusahaan.

Apakah anda adalah seorang karyawan atau team sales yang ingin tahu aneka macam bonus yang mungkin akan anda peroleh. Atau seorang pemilik usaha yang sedang mempertimbangkan bonus untuk karyawan atau team sales anda?  Undang – undang ketenagakerjaan di indonesia memang tidak mengatur soal bonus untuk para pekerja. Namun berdasarkan surat edaran menteri kerja SE 07/MEN/1990.

Untuk pengertian bonus adalah bukan merupakan salah satu bagian dari upah.  Akan tetapi melainkan pembayaran yang diterima pekerja dari hasil keuntungan perusahaan. Atau karena memang pekerja menghasilkan hasil kerja lebih besar dari target produksi yang normal.  Selain itu dikarenakan peningkatan produktivitas serta besarnya pembagian bonus di atur berdasarkan kesepakatan.  Nah, di dalam peraturan menteri no.78 tahun 2015.  Dimana peraturan ini membahas tentang pengupahan pasal 6. Kita dapat melihat bahwa bonus dikategorikan dalam non upah dimana gaji ini memang sifatnya tidak wajib.

Inilah Jenis – Jenis Bonus Untuk Team Sales Yang Perlu Anda Tahu

Seperti yang sudah di bahas di atas, jika bonus memang merupakan pendapatan non upah.  Dan sifat bonus itu sendiri tidak wajib.  Artinya tidak ada yang salah jika perusahaan tidak menyediakan insentif karyawan di luar gaji.  Hal ini pun perlu diketahui oleh kedua belah pihak baik itu perusahaan maupun karyawan. Akan tetapi apabila karyawan (team sales) dan perusahaan telah sepakat bahwa perusahaan akan memberikan bonus tertentu dan tercantum pada surat perjanjian kerja. Baik itu secara tertulis atau lisan maka pembayaran bonus menjadi wajib untuk dilakukan.  Dengan kesepakatan tersebut, maka karyawan (team sales) memiliki hak untuk menuntut perusahaan agar membayarkan bonus yang menjadi hak mereka.   Bonus tahunan karyawan (team sales) selama ini memang sering dipersepsikan sebagai salah satu cara yang efektif. Untuk menjaga loyalitas dan motivasi kerja karyawan.

Perusahaan berbangga jika mampu memberikan bonus yang besar kepada karyawannya. Namun di sisi lain, karyawan bisa saja dikurangi saat perusahaan mengurangi. Atau bahkan perusahaan telah menghapus bonus tahunan. Maka dari itu kesepakatan bonus ini memang perlu diketahui bersama di antara team sales dan perusahaan itu sendiri. Di beberapa perusahaan, THR atau yang dikenal dengan tunjangan hari raya juga sering di kenal dengan bonus.

Sebagai istilah, itu boleh saja.  Akan tetapi HR harus memahami bahwa bonus dan THR ini memang tidak sama persis.  Bonus, fasilitas dan THR memang sama – sama termasuk dalam pendapatan non upah. Perbedaannya dengan bonus pembayaran THR sifatnya wajib.  Dan dibatasi waktu selambat – lambatnya 7 hari sebelum hari raya keagamaan ini berlangsung. Dan perlu anda tahu terdapat beragam bentuk bonus yang bisa diberikan perusahaan untuk karyawannya. Bonus karyawan ini tidak harus disampaikan dalam bentuk uang tunai.  Bisa saja dialih bentuk kan menjadi paket liburan, voucer restoran, gawai dan sebagainya.  Beberapa jenis bonus yang lazim dibagikan kepada karyawan (team sales) antara lain

  • Bonus keahlian

Seperti yang kita tahu dalam beberapa bidang bisnis. Memiliki karyawan yang punya keahlian – keahlian khusus dengan sendirinya. Tentu saja memberikan kontribusi positif bagi sebuah perusahaan.  Misalnya saja seperti saat seorang karyawan memperoleh sertifikat pada bidangnya.  Maka perusahaan juga akan memberikan bonus.

  • Bonus referral

Sebuah perusahaan memang sering kali menghabiskan banyak waktu serta biaya untuk merekrut karyawan (team sales) baru yang sesuai dengan budaya. Serta karakteristik dari perusahaan itu sendiri.  Bonus referral ini memang adalah bonus bagi karyawan yang merekomendasikan kandidat yang pada akhirnya dipekerjakan oleh perusahaan.  Dengan rekomendasi dari karyawan (team sales) maka kemungkinan tingkat kecocokan nya menjadi jauh lebih tinggi.

  • Bonus retensi

Dimana bonus ini dimaksudkan untuk mempertahankan karyawan (team sales) yang cakap untuk tetap berada di perusahaan. Nah, dengan menerima bonus retensi, seorang karyawan juga akan dimintai komitmen untuk tidak keluar dari perusahaan selama waktu tertentu.  Pada saat perusahaan sedang mengalami akuisisi, merger atau hal tidak biasa lainnya.  Maka untuk kebijakan bonus ini digunakan oleh perusahaan untuk karyawan (team sales) terbaiknya.

  • Bonus prestasi

Untuk mengapresiasi karyawan (team sales) yang berkinerja baik, maka beberapa perusahaan akan memberikan bonus yang didasarkan atas performance. Dimana untuk bonus ini memang diberikan dengan mempertimbangkan kontribusi karyawan pada kemajuan perusahaan.  Sehingga dua orang dengan jabatan dan gaji bulanan yang sama.  Sehingga sangat mungkin mendapatkan presentase bonus karyawan (team sales) yang berbeda tergantung nilai kontribusi mereka bagi sebuah perusahaan.

  • Bonus tahunan 

Bonus ini memang biasanya diberikan kepada seluruh karyawan (team sales) dengan dasar perhitungan kinerja perusahaan tahun sebelumnya. Karena itu, biasanya bonus ini akan baru dibagikan pada tahun berikutnya.  Misalnya saja bonus tahun 2011 baru akan diterima karyawan pada tahun 2012. Tentu saja untuk setiap perusahaan memiliki cara untuk menghitung bonus tahunan serta waktu pembayaran yang berbeda – beda.  Jumlah besar kecil bonus tahunan ini tergantung pada laba dari perusahaan tahun sebelumnya.

  • Bonus tantiem

Ini adalah bagian keuntungan perusahaan yang dihadiahkan kepada direksi dan komisaris oleh pemegang saham yang didasarkan pada suatu presentase atau jumlah tertentu.  Dari laba bersih, sebagaimana ditentukan dalam pasal 70 ayat 1 UU. no 40 2007 tentang perseroan terbatas (UU PT).

  • Profit sharing

Nah, bonus profit sharing ini atau bagi hasil diberikan kepada team sales dengan melihat pada laba perusahaan. Dan juga jumlah sahan yang dimiliki karyawan terkait. Untuk kebijakan profit sharing ini bisa sangat berbeda antara perusahaan sesuai dengan kebijakan masing – masing. Mengingat bonus didasarkan pada keuntungan yang diperoleh perusahaan. Maka akan semakin besar keuntungan yang didapatkan perusahaan. Berarti semakin besar jumlah bonus yang akan diperoleh karyawan.

  • Bonus liburan bersama

Untuk meningkatkan rasa persatuan dan kebersamaan antar team sales atau karyawan.  Serta perusahaan, biasanya melakukan liburan bersama.  yakni dalam bentuk gathering atau family outing sebagai bonus.  dalam acara kantor ini karyawan diperbolehkan mengajak keluarga mereka untuk ikut bersenang – senang bersama, jenis bonus ini diberikan perusahaan berdasarkan keuntungan yang terlalu besar

Jenis – Jenis Bonus Untuk Team Sales yang Perlu Anda Tahu Untuk Menambah Wawasan

Selain jenis bonus di atas, ada pula bonus – bonus yang di desain perusahaan sesuai dengan kebutuhan spesifik perusahaan itu sendiri.  Kebutuhan perusahaan dalam hal employee engagement misalnya.  Ada perusahaan yang memiliki kebijakan bonus ulang tahun. Bonus ini diberikan kepada setiap karyawan yang sedang berulang tahun dan lain – lain.