Bagaimana cara memantau kinerja karyawan tanpa harus monitoring langsung di lapangan? Yuk bagi Anda Manager dan Supervisor, wajib menyimak cara ini. Banyak orang lebih suka menjadi karyawan kantoran yang bekerja di belakang meja. Tapi, banyak juga karyawan yang senang jika ditugaskan untuk terjun langsung ke lapangan. 

Meski terlihat sebagai pekerjaan yang berat dan melelahkan, karyawan di lapangan sebenarnya memiliki beberapa keuntungan, seperti fleksibilitas, relasi yang luas hingga gaji, dan bonus lebih besar. 

Tapi seperti yang telah diketahui oleh banyak pemilik perusahaan dan manager, mengelola karyawan di lapangan mungkin agak sulit.  Cara memantau kinerja karyawan, akan jauh lebih mudah untuk mengontrol proyek dan mengelola tim Anda saat semua orang ikut serta. Saat bekerja dengan pekerja jarak jauh, baik individu atau seluruh tim, bisa saja masalah tertentu datang. 

Terkadang dibutuhkan usaha lebih untuk melacak apakah karyawan di lapangan benar-benar bekerja. Namun, dengan alat yang tepat, Anda dapat melacak kapan karyawan Anda bekerja dan berapa lama mereka menghabiskan waktu untuk setiap proyek

Karena itu dan banyak alasan lainnya, beberapa perusahaan memutuskan untuk menggunakan perangkat lunak pelacakan waktu dengan GPS. Mengetahui di mana posisi tim Anda pada saat tertentu memberi Anda gambaran yang jelas tentang apa yang terjadi dengan semua orang. 

5 Cara Memantau Kinerja Karyawan dan Team Lapangan

Untuk memastikan, berikut cara memantau kinerja karyawan di lapangan yang penting untuk Anda terapkan.

1. Memilih Tim yang Tepat

Keberhasilan perusahaan tentunya banyak bergantung pada Sumber Daya Manusia (SDM) yang direkrut. Pekerjaan lapangan membutuhkan mereka yang pekerja keras, kompeten, dan bersikap positif. Tetapi jika sebaliknya, Anda akan menghadapi masalah serius.

Sebelum memutuskan tim, pilih kandidat setidaknya berdasarkan dua hal, yakni kecakapan dan sikap. Jangan memilih hanya karena kompeten tetapi punya sifat malas yang akan menyulitkan Anda maupun tim lain ke depannya. Anda bisa mengetahuinya kualitas karyawan saat wawancara, apakah ia termasuk orang yang disiplin, positif, dan self-motivated.

2. Tetapkan Tujuan yang Dapat Diukur

Salah satu cara memantau kinerja karyawan untuk memastikan karyawan benar-benar bekerja adalah dengan memastikan apakah memenuhi tujuan yang sudah diinformasikan di awal. Inilah pentingnya menetapkan tujuan atau target yang benar-benar spesifik dan realistis. Hindari target yang terlalu umum atau kurang mendetail agar karyawan tidak bingung di tengah kerja mereka.

Dengan begini, Anda  membantu tim untuk tetap berada dalam jalur kerja yang benar dengan mereka bisa menepati tenggat waktu. Pada akhirnya, Anda dapat dengan mudah melihat apakah karyawan bekerja jika mereka dapat menyelesaikan tugas dan proyek yang ditugaskan.

3. Cek Kepatuhan Absensi

Melacak jam kerja karyawan saat mereka bekerja jauh dari kantor atau fasilitas, seperti karyawan di lapangan sulit dilakukan tanpa sistem absensi otomatis yang praktis. Maka dari itu tak ada salahnya untuk mencoba aplikasi monitoring pekerjaan seperti Pakaryo.id.

Pakaryo.id memiliki fitur Selfie Based Attendance, di mana karyawan hanya perlu melakukan selfie dengan perangkat smartphone yang dimiliki. Perusahaan pun tak perlu khawatir adanya manipulasi karena aplikasi ini dilengkapi pula dengan fitur Hack Proof GPS yang memungkinkan sebagai cara memantau kinerja karyawan untuk tracing lokasi team sales dan lapangan dengan teknologi GPS yang akurat.

4. Melacak Produktivitas Karyawan

Cara memantau kinerja karyawan ini, untuk tujuan jangka pendek dan jangka panjang, cara lain untuk memastikan bahwa pekerja di lapangan tetap menyelesaikan tugas adalah dengan melacak produktivitas mereka. 

Selalu perhatikan apakah pekerjaan diserahkan secara konsisten, dan apakah email dan pembaruan status tugas dengan sigap mendapat feedback karyawan. Ini dapat membantu Anda menentukan apakah pekerja bekerja setiap hari alih-alih menunggu proyek besar diserahkan tepat waktu.

Monitoring pekerjaan karyawan di lapangan bisa dilakukan dengan mudah lewat Pakaryo.id, tersedia fitur Task List Management untuk membuat daftar tugas untuk seluruh tim sales & lapangan. Sehingga Anda dapat memonitor dan mendapatkan report dari aktivitas tim Anda setiap hari cukup dari aplikasi mobile.

5. Bangun Komunikasi yang Solid

Tentunya, salah satu kunci keberhasilan mempekerjakan karyawan di lapangan adalah komunikasi yang solid. Komunikasi yang tidak efektif akan berdampak pada kegagalan menjalankan rencana bisnis. Cari waktu dan cara terbaik untuk berkomunikasi dengan setiap karyawan.

Jika tim kamu tersebar di zona waktu yang berbeda, kamu perlu mengatur jadwal yang tepat untuk meeting secara online. Banyak aplikasi mobile berbasis online dan GPS yang dapat kamu manfaatkan untuk mengefektifkan komunikasi, seperti Skype, WhatsApp, Telegram, dan Google Hangouts. 

Akan tetapi aplikasi messenger terlebih seperti aplikasi diatas, bukan aplikasi yang digunakan khusus untuk memantau karyawan, melainkan aplikasi percakapan. Nah kini saatnya Anda beralih menggunakan Pakaryo aplikasi monitoring pekerjaan team lapangan yang dirancang khusus untuk monitoring karyawan realtime.

Pakaryo.id, yang memiliki fitur Team Chat sebagai media komunikasi para karyawan di lapangan agar selalu up to date seputar informasi task list pekerjaan serta informasi penting lainnya. Download Pakaryo sekarang!

Cara Memantau Kinerja Karyawan di Lapangan

 

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?