Begini cara monitoring tim marketing bank, simak 7 tips yang bisa kamu coba sebagai seorang leader atau kepala divisi marketing khusus untuk perbankan, simak selengkapnya.

Tim marketing atau pemasaran sering disebut menjadi tolak ukur kesuksesan perusahaan. Bagaimana tidak? saat tim marketing berada dalam puncak kinerja, klien akan senang untuk terus kembali lagi dan perusahaan akan berkembang pesat. Saat penjualan meningkat, perusahaan akan lebih diuntungkan.  

Tapi tim marketing di tiap industri tentunya memiliki tantangan masing-masing. Di industri perbankan sendiri, kini persaingan semakin ketat dengan perkembangan Financial Technology (Fintech) yang menarik minat masyarakat. Belum lagi persaingan antar bank yang semakin memanas pun menjadi tantangan besar yang harus diterima oleh tim marketing.

Tugas dan tanggung jawab marketing perbankan hampir sama dengan tugas dan tanggung jawab marketing di perusahaan pada umumnya, seperti melakukan penjualan produk suatu perusahaan.

7 Tips Cara Monitoring Tim Marketing Bank

Berikut beberapa cara monitoring tim marketing dan memastikan penjualan berjalan lancar.

1. Menetapkan Peran dan Tanggung Jawab

Apakah Anda sudah menjelaskan dengan baik tentang apa yang perusahaan harapkan dari mereka? Apa saja peran dan tanggung jawab tim marketing sebaiknya dibuat secara tertulis. Buat daftar metrik tanggung jawab, otoritas, dan kinerja. Beri tim marketing Anda target yang jelas serta alat, pelatihan, dan sumber daya.

2. Tetapkan Tenggat Waktu

Setiap bisnis tentu akan menghadapi masalah jika tugas tidak diselesaikan tepat waktu oleh karyawan. Maka menetapkan tenggat waktu atau deadline untuk tugas sangat penting jika ingin karyawan tetap produktif dan bisnis tetap berjalan. Deadline tidak hanya membantu memastikan tugas selesai tepat waktu, tetapi juga memotivasi karyawan menyelesaikan lebih banyak tugas dalam waktu sesingkat mungkin.

Karena ingat, karyawan yang bekerja lebih lama belum tentu berbanding lurus dengan seberapa banyak tugas yang diselesaikan.

3. Lacak Kemajuan secara Teratur

Tim marketing tidak selalu berada di dalam kantor karena harus mencari klien potensial. Sehingga tidak banyak cara untuk mengawasi apa yang sedang mereka kerjakan di luar sana.

Itulah mengapa penting untuk memantau tim marketing secara berkala. Adakan rapat dengan tim atau secara individu untuk melihat bagaimana mereka melakukan pekerjaan. 

Anda juga dapat menggunakan alat pelacak waktu atau perangkat lunak pemantauan karyawan seperti Pakaryo.id untuk menganalisis tingkat produktivitas setiap karyawan selama sehari.

Cara ini akan menunjukkan kepada karyawan Anda bahwa atasan akan tahu apa yang mereka lakukan, serta membantu mereka lebih memperhatikan tugas yang sedang dikerjakan.

4. Mendorong Komunikasi

Perpecahan atau miskomunikasi di antara anggota tim terkadang tidak bisa terhindarkan. Hal ini tidak hanya akan merusak hubungan antarpribadi, tetapi juga akan mengganggu kinerja. 

cara monitoring tim marketing bank

Dorong karyawan Anda untuk berkomunikasi dan memahami satu sama lain dengan lebih baik. Ini akan meminimalisir konflik sekaligus meningkatkan chemistry tim, sehingga mereka lebih fokus pada pekerjaan dan mencapai tujuan perusahaan dengan mudah.  

6. Penilaian Berkala

Tinjauan kinerja tahunan memaksa seorang manajer untuk duduk dan mengevaluasi kinerja setiap anggota tim marketing dan sales. Ini adalah waktu untuk mengevaluasi kinerja masa lalu dan menetapkan tujuan untuk tahun berikutnya. Kemajuan harus dilacak dan didiskusikan minimal setiap tiga bulan jika tidak tidak dilakukan dalam periode bulanan atau mingguan. Ini juga meletakkan dasar untuk peningkatan karir hingga penghentian karyawan.

7. Gunakan Aplikasi Monitoring Tim Marketing

Ketika tim tersebar dari jarak jauh, bagaimana Anda memantau apa yang mereka lakukan dan terus melacak produktivitas tanpa merasa terbebani?

Untuk ini, Anda perlu menggunakan aplikasi monitoring marketing yang membantu memonitoring apa yang sedang dilakukan karyawan di lapangan.

Untungnya, Pakaryo.id dapat membantu mengatasi hal tersebut. Dengan alat pelaporan yang tepat dan sistem CRM sederhana, aplikasi Pakaryo.id dirancang untuk membantu Anda memantau kinerja karyawan lapangan secara real-time.  

Apa saja bidang industri yang bisa menggunakan aplikasi untuk sales dan marketing ini, berikut diantaranya :

  • Properti
  • Konstruksi
  • Perbankan
  • Teknologi
  • Kesehatan
  • Retail
  • Pariwisata
  • Manufaktur

Dan pastinya masih banyak jenis atau kategori industri dan bisnis yang bisa mengaplikasikan teknologi mobile ini untuk cara monitoring tim marketing dan tim lapangan serta mendukung serta mengoptimalkan tim marketing atau sales untuk mencapai target perusahaan.

Untuk mendukung itu semua, kamu bisa langsung mencoba menggunakan Pakaryo aplikasi monitoring tim marketing. Download langsung gratis di Google Play Store sekarang. Pakaryo solusi cara monitoring tim marketing melalui mobile yang bisa diakses dimanapun kamu mau.

cara monitoring tim marketing

 

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?