fbpx

7 Strategi Team Sales di Era Digital

7 Strategi Team Sales di Era Digital

Di era digital marketing atau pemasaran secara digital bisa didefinisikan sebagai salah satu upaya untuk pemasaran menggunakan perangkat elektronik/internet. Dengan adanya beragam taktik marketing dan media digital dimana anda dapat berkomunikasi dengan calon konsumen yang menghabiskan waktu di online. Saat ini memang ada beragam akses untuk para calon konsumen agar dapat melihat penawaran anda. Misalnya saja seperti blog, website serta media sosial yakni Instagram, WhatsApp, Line dsb.

Dari beberapa akses itulah mereka akan berkomunikasi kepada anda. Untuk pemasar digital atau digital marketer terbaik adalah yang memiliki gambaran jelas. Tentang bagaimana setiap kampanye digital marketing yang dia miliki ini mendukung tujuan penawarannya. Selain itu bergantung pada tujuan strategi pemasaran mereka. Dan bisa di bilang digital marketer ini dapat membuat kampanye yang jauh lebih besar melalui media gratis ataupun berbayar yang dia miliki. Sebut saja seperti seorang content marketer (pembuat konten) biasanya dapat membuat serangkaian postingan blog yang memang dapat berfungsi sebagai pengajak.

Sedangkan sosial media marketer (pengelola sosial media) memang berfungsi untuk membantu mempromosikan postingan blog melalui pos berbayar dan organik (tidak berbayar) di akun media sosial. Tugas email marketer adalah dengan membuat email campaign untuk dikirimkan kepada calon customer agar mereka tertarik dengan penawaran yang ditawarkan.

Berikut Jenis Strategi Team Sales Di Era Digital

Jika membahas soal strategi pemasaran team sales di era digital ini. Maka kedengarannya memang cukup sederhana. Karena memang masih banyak juga orang – orang yang memulai bisnis dengan pengetahuan bahwa untuk promosi dan pemasaran adalah simpel. Simpel layaknya mengiklankan di media dan menunggu calon konsumen. Padahal strategi pemasaran ini merupakan suatu yang lebih jauh kompleks dibanding dengan itu.

Apalagi di zaman era digital saat ini, dimana media yang ada bukan hanya sekedar radio, koran serta televisi. Apabila di cara konvensional saja maka untuk strategi pemasaran ini memang sudah terbagi – bagi. Terlebih di era digital ini media yang ada memang cukup bervariasi. Selain itu sudah pasti banyak strategi pemasaran yang memang bisa dilakukan. Sehingga anda pun harus benar – benar bekerja keras menemukan strategi pemasaran apa yang tepat untuk perusahaan anda.

Dengan strategi team sales yang tepat tentu saja mampu membawa perubahan besar dalam dunia bisnis. Bahkan dengan adanya strategi ini juga akan membantu produk atau jasa yang anda tawarkan dapat dipromosikan secara efektif kepada target pasar yang tepat serta mempermudah anda menjalin komunikasi dengan konsumen.

Bukan hanya itu, dengan strategi team sales yang jelas juga akan menguntungkan bagi orang – orang yang menjalankan (tim bisnis).  Koordinasi tim ini akan lebih terorganisasi. Setiap tim dengan mudah mengetahui seperti apa pasar yang akan ditargetkan dan strategi team sales pemasaran apa yang akan digunakan. Sehingga seluruh tim dalam bisnis akan memiliki persepsi yang sama. Berikut ulasan singkat strategi team sales di era digital yang perlu anda tahu diantaranya

1. Search engine marketing (SEO)

SEO adalah salah satu bentuk pemasaran di internet untuk meningkatkan visibilitas website di halaman hasil mesin pencarian melalui kegiatan promosi website. Atau dengan kata lain “membeli” traffic dengan membayar mesin pencarian seperti google. Untuk strategi ini pun cukup efektif hal ini dikarenakan mesin pencarian banyak sekali di akses oleh khalayak. Baik untuk mencari informasi produk atau jasa beserta ulasannya. Dengan menggunakan strategi SEO ini, maka pemasar dapat meningkatkan kemungkinan calon konsumen mengunjungi website bisnis ketika mereka mencari informasi.

2. Sosial media marketing

Sosial media marketing ini adalah suatu kegiatan pemasaran produk atau layanan menggunakan platform media sosial. Selain itu search engine, maka konsumen juga cenderung mencari berbagai produk dan layanan yang dibutuhkan melalui media sosial. Maka datang kepada konsumen dan berinteraksi dengan mereka melalui platform media sosial memberikan dampak yang besar pada sebuah perkembangan bisnis.

3. Content marketing

Content marketing ini adalah proses pemasaran dengan membuat dan mendistribusikan konten yang relevan. Tentu saja untuk menarik, memperoleh, dan melibatkan target konsumen. Dimana konten – konten ini berupa foto, video, story, artikel, audio, dan lain yang menarik. Selain itu relevan dan bernilai merupakan salah satu kunci keberhasilan metode ini. Strategi ini sebaiknya dijalankan dengan metrik yang jelas. Agar perusahaan dapat memantau apakah memang materi konten ini benar – benar efektif meningkatkan pemasaran team sales.

4. Email marketing

Sesuai dengan namanya, pemasaran jenis ini menggunakan email sebagai media promosi perusahaan. Biasanya pihak pemasar akan mengirim email kepada calon konsumen maupun konsumen setia. Tentu saja tujuannya adalah untuk menawarkan produk agar mendapatkan konsumen baru. Selain itu memberi update produk terbaru serta menjalin hubungan dengan konsumen setia. Hal ini memang menjadi salah satu strategi efektif karena memang lebih personal. Selain itu email promosi ini langsung masuk ke inbox calon konsumen.

5. Cloud marketing

Untuk cloud marketing adalah semua upaya pemasaran secara digital. Yang mana dipersonalisasi dan terintegrasi untuk meningkatkan pengalaman pembeli. Cloud marketing juga adalah membawa semua sumber daya dan aset perusahaan ke dunia online. Strategi team sales yang satu ini merupakan bentuk dasar dari berjualan secara online. Berjualan online ini yang bertujuan untuk menjangkau konsumen dimana pun mereka berada. Baik pada saat mereka beraktivitas di media sosial, memeriksa e mail hingga mengunjungi website.

6. Online marketing

Online marketing ini merupakan strategi pemasaran yang memanfaatkan internet. Dimana kegiatan pemasaran untuk mendapatkan perhatian konsumen di lakukan dengan memanfaatkan media sosial. Website, email bahkan augmented reality. Hal ini sudah bisa dilakukan dengan iklan berbayar. Selain itu konten yang berkualitas dan sekadar postingan sederhana melalui media online. Dan satu postingan yang di unggah di internet ini bisa diakses oleh ratusan juta orang di seluruh dunia. Dengan menggunakan online marketing, maka dari mana pun bisnis dijalankan akan tetap mampu mendapatkan perhatian secara global.

7. Close range marketing

Strategi team sales ini memanfaatkan perangkat yang mampu menjalankan Bluetooth dan Wi-Fi seperti smartphone. Dalam close range ini marketing perusahaan memanfaatkan Bluetooth dan Wi-Fi untuk mengirimkan promosi produk serta layanan langsung kepada konsumen ketika berbelanja. Jika konsumen melakukan klik pada tombol ya. Maka mereka memberikan izin kepada perusahaan untuk mengirim lebih banyak pesan dengan penawaran khusus.

Nah, itulah beberapa strategi team sales di era digital yang bisa anda gunakan saat ini. Kini saatnya memilih mana yang paling sesuai dengan perusahaan anda. Dan melihat seberapa efektif strategi tersebut bekerja. Namun tentu saja tidak lupa sebelum anda melakukannya. Anda harus melakukan evaluasi dan pengelolaan berkelanjutan, khususnya bidang keuangan. Agar pemasaran yang anda jalankan ini dapat berjalan dengan lancar.

Selain dengan 7 strategi diatas, untuk mendapatkan hasil dan kinerja terbaik dari team baik itu team sales, marketing dan team lapangan. Anda perlu mencoba juga memaksimalkannya dengan aplikasi monitoring sales atau pekerjaan team lapangan menggunakan software atau aplikasi Pakaryo yang bisa kamu download di Google Play Store.

Pakaryo Aplikasi Monitoring Sales