fbpx

7 Cara Membangun Team Sales Yang Militan

7 Cara Membangun Team Sales Yang Militan

Mau punya team sales yang militan ? Yuk simak 7 cara membangun team sales yang militan untuk mendapatkan performa tinggi untuk target penjualan meningkat.

Seperti yang kita tahu penjualan merupakan salah satu ujung tombak dari sebuah perusahaan. Tanpa penjualan tidak mungkin perusahaan akan hidup. Kecuali perusahaan nirlaba atau tidak mencari keuntungan. Seorang tenaga penjual memiliki peranan yang sangat besar dalam proses penjualan. Tentu saja harapannya, seorang tenaga penjual yang handal siap berjihad melakukan penjualan dengan baik untuk mencapai target dan bahkan melampaui target serta memiliki sentuhan marketing agar semua yang disentuhnya menjadi emas.

Dengan begitu dapat mendatangkan keuntungan bagi sebuah perusahaan. Mengapa ada seorang tenaga penjual (sales) yang begitu hebat sehingga mampu mencapai target. Namun ada juga kita temukan team sales yang juga tergopoh – gopoh untuk mencapai target. Sehingga seringkali target tidak tercapai. Karena faktor ini sudah pasti akan timbul pertanyaan, dimana letak kesalahannya. Apakah memang karena target yang terlalu tinggi, produk yang ditawarkan kurang bagus. Atau memang kemasannya yang kurang menarik? Atau memang karena produk tidak ada iklan sama sekali?

Tentu saja hal ini perlu dicari apa saja faktor yang menyebabkan penjualan menurun maupun meningkat. Dengan menganalisa secara tepat anda bisa menemukan solusi agar penjualan anda terus meningkat. Memiliki sebuah usaha memang bukan berarti semua kegiatan harus dikerjakan sendiri bukan. Untuk itu anda perlu membangun sebuah team sales yang militan dalam bisnis.

Inilah 6 Cara Bangun Team Sales Yang Militan Dengan Performa Tinggi

Sebuah team Sales yang militan untuk penjualan bisnis anda inilah. Yang akan memberikan sentuhan untuk dapat mengubah sesuatu menjadi emas dari sekumpulan orang yang bekerja sama. Secara optimal untuk membangun dan mengembangkan bisnis anda. Tentunya hal ini bisa diwujudkan dengan memahami tipe kepribadian mereka melalui pendekatan DISC. Yakni dominasi, pengaruh, ketekunan serta ketaatan.

Pendekatan ini di susun berdasarkan teori psikologi humanistic yang bersumber dari analisis gejolak – gejolak pemikiran dan perasaan seseorang. Dengan adanya DISC ini pun akan mempermudah kita dalam mengembangkan mereka semaksimal mungkin sesuai dengan kepribadian yang dimiliki. Selain itu kerja sama antar team sales penjualan ini merupakan elemen penting yang sangat dibutuhkan jika kita ingin mencapai sesuatu dengan hasil yang sempurna dalam target penjualan.

Sehingga tidak heran jika tonggak utama dalam bisnis adalah penjualan. Sedangkan tonggak penjualan ada pada kekuatan dan kerja sama tim sales. Yang memang memiliki kompetensi yang mumpuni untuk merebut pasar. Berbagai langkah sudah pasti diambil untuk meningkatkan penjualan baik melalui digital maupun tradisional. Namun, anda tidak dapat melakukan semua dengan cara yang terkesan terburu – buru. Dimana memang anda memerlukan persiapan yang matang untuk memulai. Agar menghasilkan penjualan yang tinggi.

Oleh karena itu sangat diperlukan cara membangun team sales yang memiliki performa lebih dari cukup untuk menjalankan semua strategi. Jika memang anda bingung dengan cara untuk bangun tim sales yang militan dengan performa yang tinggi. Berikut ini saran kami, tentang bagaimana meningkatkan performa tim sales yang mungkin dapat anda terapkan diantaranya:

Melatih dan memberikan feedback secara berkalaIni adalah hal yang sangat penting untuk kepercayaan diri tim yang anda miliki. Selain itu, tujuan utama dari langkah ini adalah untuk mengetahui masalah yang mereka hadapi. Yakni dengan bertukar pikiran, anda bersama dengan tim. Maka akan bisa memecahkan masalah yang lebih kompleks sehingga dapat bekerja lebih efektif.

Pertama, Mengembangkan team sales yang bertalenta

Sebagai seorang pemimpin team sales, team anda dan bagaimana mereka berkembang. Adalah merupakan prioritas utama yang harus anda penuhi. Sehingga ibaratnya, tim yang anda miliki saat ini adalah merupakan investasi untuk anda juga pastinya. Sehingga untuk itu, mengetahui tentang tim anda adalah kata kunci kesuksesan team. Maka bawa mereka untuk bisa berkembang dan jangan lupa pilihlah mereka yang memang memiliki talenta untuk meningkatkan penjualan.

Kedua, Waktu sebagai bagian dari proses

Hal ini memang perlu anda ingat adalah waktu. Dimana anda tidak dapat membangun team sales yang memiliki performa tinggi dengan waktu yang singkat. Dimana mereka memang membutuhkan waktu sebagaimana anda menawarkan produk kepada pelanggan. Yang mungkin memang pelanggan tersebut tidak langsung mengambil sebuah keputusan. Maka biarkan mereka menghadapi tahap – tahap perkembangan mereka, putuskan jika memang anda tidak melihat perkembangan dalam jangka waktu tertentu.

Ketiga, Selalu ajarkan kepada team anda untuk tetap mengawasi pesaing dan berpacu dengan mereka

Dengan melihat rival hanya dalam segi produk tetapi juga dengan beberapa point marketing. Maka dari itu, anda juga harus dapat menyelesaikan bagaimana mereka bekerja. Selain itu jangan lupa untuk ajarkan kepada team sales untuk memahami bagaimana kompetitor bekerja sama dalam sales. Selain itu beritahu pesan apa saja yang mereka sampaikan kepada pelanggan agar memilih produk mereka.

Keempat, Bawa team sales Anda untuk bertemu di puncak

Pendekatan ini adalah hal yang sangat penting untuk menindaklanjuti pertemuan dengan target potensial yang dimiliki oleh salah satu anggota tim anda. Hal ini penting karena memang kebanyakan para pemimpin tim tidak membawa anggota tim untuk mencapai kesepakatan dengan calon pelanggan. Oleh sebab itu, latihlah mereka untuk dapat mengambil keputusan dan belajar untuk memilih pelanggan yang potensial. Saat anda mengambil alih tugas mereka di puncak diskusi kesepakatan.

Kelima, Rekrutlah orang – orang terbaik menurut Anda

Dalam membangun sebuah team sales yang militan, maka diperlukan SDM yang handal pula. Dari SDM inilah yang akan membantu anda dalam membangun dan mengembangkan usaha anda. Anda sebagai pemilik perusahaan tentu saja bisa merekrut SDM sesuai dengan keinginan anda dan menurut kriteria yang diinginkan serta sesuai dengan pendidikan yang relevan. Atau memang berdasarkan pengalaman yang dimiliki.

Keenam, Memiliki visi yang sama dan berkomitmen

Pemilihan seorang karyawan yang akan menempati tim penjualan yang akan di bentuk harus bisa selektif mungkin. Dimana sebagai pemilik usaha bisa mencari karyawan yang memang visinya sama dengan anda. Selain itu juga memiliki komitmen sebagai rambu – rambu untuk menuju kesuksesan menjual. Dengan komitmen pada diri sendiri akan mampu mengarahkan tim penjual tetap pada tujuan awal. Sekalipun di tengah penjualan menuju sukses yang banyak rintangan yang menghalangi perjalanan sukses. Kita akan tetap mengarah pada tujuan awal. Dengan komitmen pada perusahaan akan membawa pada loyalitas dan integritas kerja.

Ketuju, Cara Bangun Team Sales Yang Militan Dengan Baik

Nah, itulah beberapa cara bangun team sales yang militan untuk meningkatkan penjualan anda. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi untuk anda. Jika anda ingin menjadi yang nomor satu untuk meningkatkan performa team sales yang militan secara maksimal. Anda tekankan pada mereka untuk bergerak lebih cepat dari yang mereka lakukan sebelumnya. Jika memang anda ingin memenangkan persaingan bisnis dengan team sales yang lain.

Untuk mengoptimalkan kinerja sales, selain menggunakan tips diatas Anda sebagai seorang manager atau supervisor juga bisa memanfaatkan tools aplikasi monitoring pekerjaan team lapangan atau sales dengan Pakaryo – Pantau Karyawan Online

Pakaryo Aplikasi Monitoring Sales