fbpx

6 Cara Agar Target Penjualan Sales Tercapai

6 Cara Agar Target Penjualan Sales Tercapai

Untuk mendapatkan hasil penjualan terbaik untuk perusahaan, perlu adanya strategi atau cara agar target penjualan sales tercapai. Tujuan adanya bisnis adalah meningkatkan kualitas hidup umat manusia. Dengan membuat sebuah barang dan jasa bisnis memiliki peluang meningkatkan kualitas kehidupan. Setelah membuat produk dan jasa, perusahaan harus menjual barang dan jasa ini ke pelanggan yang membutuhkan.

Untuk membuat bisnis terus berjalan, penjualan harus lebih besar dari seluruh biaya yang dikeluarkan. Dan selisih penjualan dengan seluruh biaya inilah yang di sebut. Secara singkat pula, perusahaan bisa terus bertahan serta berkembang jika menghasilkan profit setiap bulannya. Departemen pemasaran akan membuat serangkaian program agar informasi mengenai barang dan jasa dari perusahaan di ketahui oleh perusahaan atau perorangan yang memiliki kemungkinan untuk membeli. Aktivitas ini mungkin membuat iklan, melakukan konferensi pers, melakukan telemarketing dan seterusnya.

Dari serangkaian kegiatan yang dilakukan pemasaran. Maka team sales lah yang bisa menghasilkan pendapatan. Team sales melakukan aktivitas prospecting hingga menghasilkan penjualan bagi perusahaan. Dari sinilah peran sales penting bagi perusahaan. Supaya perusahaan mendapatkan pendapatan, pendapatan ini kemudian di kelola perusahaan untuk menghasilkan produk dari jasa lagi. Di sisi lain, sales merupakan team yang terus berhubungan langsung dengan konsumen. Jadi secara tidak langsung citra perusahaan akan terwakilkan oleh team sales. Kepedulian team sales terhadap kebutuhan pelanggan menentukan sikap pelanggan terhadap perusahaan.

Team sales ini juga yang akan membantu purna jual yang diberikan perusahaan kepada pelanggannya. Dari sini team sales memiliki peranan terhadap kualitas layanan dan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan merupakan hal yang wajib diperhatikan perusahaan. Dimana pelanggan yang puas akan membeli lagi dan akan mereferensikan perusahaan lain untuk menggunakan jasa kita. Dengan cara ini maka pelanggan kita akan semakin bertambah. Seperti yang kita tahu rasa takut akan kegagalan, penolakan dan hal – hal yang tidak pernah di coba sebelumnya. Adalah beberapa alasan mengapa sales tidak kunjung berhasil mencapai penjualan dengan baik.

Sebaliknya, orang yang mencapai kesuksesan dalam penjualan adalah sales yang berhasil melawan rasa takut tersebut. Dengan belajar mengerjakan hal – hal kecil dan keberanian untuk mengambil sebuah resiko. Keberanian seseorang dapat timbul secara bertahap dan bukan dengan cara yang cepat. Dimana ada pasang surut perasaan untuk memberanikan diri yang dialami dalam setiap prosesnya. Akan tetapi dengan keberanian tersebut, pada akhirnya sales person akan mampu membawa kesuksesan untuk mencapai target penjualan yang menjadi tanggung jawabnya terhadap perusahaan.

Lalu, keberanian seperti apa yang harus dimiliki seorang sales untuk membantu kesuksesannya dalam mencapai target penjualan diantaranya:

Cara Mencapai Target Penjualan untuk Para Sales

1. Bertahan ketika menghadapi kesulitan

Keberanian sales dalam menghadapi segala kesulitan adalah titik penting untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam penjualan. Tidak ada pasar yang selalu mudah untuk dilewati. Itulah alasan mengapa sales harus bisa bertahan ketika sedang menghadapi masa – masa sulit untuk penjualan. Apabila anda berkaca pada investor, mereka pasti pernah merasakan yang namanya kerugian besar dalam investasinya. Namun, jika mereka tidak berani bertahan untuk berinvestasi berkelanjutan. Mereka tidak akan pernah merasakan kembali yang namanya kesuksesan. Begitu juga dengan sales, dimana sulit menjual karena banyaknya persaingan. Bukan berarti usaha yang dilakukan sudah berakhir. Terus bertahan dengan membuat program – program penjualan dan proses yang lebih baik. Menjadi sebuah tindakan yang sangat tepat untuk mencapai tujuan atau target.

2. Membiarkan rasa takut dalam diri, tetapi harus berani mengambil sebuah tindakan

Rasa takut memang perlu dimiliki oleh semua orang. Karena dengan rasa takut ini seseorang akan bekerja lebih hati – hati. Dalam sales, takut artinya adalah untuk menghadapi prospek yang akan menolak penawaran. Hanya saja, sales juga harus berani mengambil tindakan dengan menciptakan berbagai strategi agar rasa takutnya tersebut dapat membuahkan hasil positif. Seperti dengan memperbaiki proses penjualan, memperbaiki negosiasi dan komunikasi serta hal – hal yang dapat mendorong sales dalam mencapai tujuan atau target penjualan.

3. Tetap tegas untuk mempertahakan hal yang benar

Dengan mempertahankan hal yang benar memang memiliki arti yang cukup luas. Mempertahankan hal yang benar di sini adalah yang berhubungan dengan produk dan layanan yang anda miliki. Seperti kualitas, nilai dan harga. Akan tetapi sales kebanyakan kalah dengan prospek ketika mereka mulai meminta penurunan harga atau diskon. Sales atau perusahaan menilai lebih baik mengurangi keuntungan dibandingkan dengan mempertahankannya. Alasannya pun sederhana, sales ingin cepat – cepat pembukuan penjualan dan berharap dapat menambah pelanggan.

4. Sales harus membekali diri dengan pengetahuan yang cukup

Pengetahuan mengenai spesifikasi produk wajib dikuasai oleh sales person sebelum terjun ke lapangan. Hal ini agar mereka mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh calon pelanggan dengan cepat dan tepat. Dan jawaban yang memuaskan dapat membuat si penanya yakin dan akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah produk. Biasanya penyampaian materi bisa secara langsung yakni dengan cara membuka kelas kecil yang berisi semua anggota sales dalam satu tim. Pembekalan ini dilakukan secara bergantian untuk menekan biaya mentor. Selain itu, tim yang lainnya tetap bisa beroperasi sesuai lokasi pasar yang telah ditentukan. Berikan modul agar dapat dipelajari di rumah. Sehingga jika sales menemukan poin yang belum jelas bisa secara mendalam di ulas kembali. Modul yang disajikan harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti secara singkat saja.

5. Membuat draft target pribadi

Tidak peduli berapa banyak anggota tim anda yang bekerja. Anda harus tetap memberikan target secara personal kepada tim anda. Sebagai contoh, perusahaan menargetkan 100 penjualan dalam satu tahun. Ada baiknya jika anda membagi semua tugas tersebut kepada masing – masing tim agar dapat diselesaikan secara bersamaan. Bekerja secara individualis akan memperkecil pencapaian. Oleh karena itu, satu – satunya cara agar target tercapai ialah dengan bekerja sama.

6. Membuat list dengan cara tradisional

Dalam kehidupan sehari – hari kita sudah terbiasa dengan teknologi yang telah memudahkan kerja kita. Akan tetapi, anda juga dapat menggunakan cara tradisional untuk mengurutkan tugas – tugas anda seperti melalui buku catatan. Cara ini adalah untuk memudahkan anda mengingat ketika ada satu waktu dimana anda tidak dapat menggunakan teknologi. Misal, anda tiba – tiba memiliki strategi untuk penjualan saat berada di pesawat atau saat gadget anda kehabisan baterai. Selain itu, menulis dapat meningkatkan daya ingat anda terhadap suatu tujuan dan untuk menyimpan informasi yang lebih lama.

Dengan keenam cara tersebut, target penjualan anda yang sebelumnya terasa tidak mungkin tercapai akan menjadi lebih realitis. Perlu Anda ingat, rasa takut pada kegagalan dan risiko penolakan akan selalu Anda temui dalam proses penjualan, hadapi perasaan tersebut dengan bijak dan beranikan diri untuk melawan rasa akut tersebut sebagai awal keberhasilan untuk Anda.

Jika Anda ingin mendapatkan performa terbaik dari semua team sales, Anda dan perusahaan bisa mencoba aplikasi monitoring pekerjaan sales dan team lapangan menggunakan aplikasi Pakaryo yang bisa Anda download di Google Play Store.

Pakaryo Aplikasi Monitoring Sales