Bagaimana cara memotivasi tim sales untuk mencapai target yang di inginkan perusahaan ? Untuk para Manager dan Supervisor wajib simak 5 tips berikut ini agar team sales dan marketing lebih termotivasi untuk mencapai goal perusahaan.

Merupakan harapan setiap manajer penjualan untuk memiliki tim sales yang selalu bersemangat setiap saat. Namun realita kadang bisa terjadi sebaliknya. Seperti matahari, motivasi karyawan bisa terbit dan tenggelam.

Untuk meningkatkan kinerja tim penjualan, penting bagi para manager penjualan untuk mengasah keterampilan mana yang harus dikembangkan dan cara untuk mendorong produktivitas yang lebih besar. Konstan dalam bagaimana cara memotivasi tim sales adalah kunci agar anggota tim menjaga kinerja yang dibutuhkan untuk mencapai dan melampaui target penjualan.

Cara Memotivasi Tim Sales dan Marketing untuk Mencapai Target

Jika Anda ingin meningkatkan kesuksesan departemen penjualan Anda, inilah saatnya menjadikan motivasi sebagai prioritas. Berikut lima cara memotivasi tim sales agar berhasil meningkatkan kinerja mereka.

1. Menetapkan Tujuan

Anda perlu memberikan tujuan yang ingin dicapai perusahaan pada tim sales Anda. Tanpa tujuan, mereka tidak akan tahu apa yang dicita-citakan atau apa yang dimaksud dengan kesuksesan. Telah terbukti bahwa tujuan dalam jangka waktu yang lebih pendek memiliki kecenderungan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas dalam jangka panjang.

Inilah sebabnya, alih-alih menetapkan tujuan yang akan memakan waktu satu tahun untuk dilaksanakan, menetapkan tujuan yang dapat dicapai dan diukur dalam hal hari, minggu, serta bulan akan lebih nyata dan memotivasi: 

Selain itu, tujuan sendiri tidak harus melulu seputar pendapatan penjualan, bisa jadi sekitar berapa banyak panggilan telepon, email, atau rapat yang mereka capai.

2. Bangun Kepercayaan

Salah satu langkah paling penting bagaimana cara memotivasi tim sales adalah dengan membangun rasa saling percaya. Ada ratusan cara untuk membangun kepercayaan di antara tim Anda, tetapi aturan nomor satu adalah bahwa kepercayaan harus bersifat dua arah. 

Untuk mendapatkan kepercayaan karyawan, Anda juga harus memberikannya. Tidak ada yang mengikis kepercayaan pada seorang pemimpin lebih cepat daripada ketika pemimpin itu tidak memenuhi janji mereka.

Pastikan untuk melindungi kepercayaan karyawan, karena jika Anda kehilangan kepercayaan tim Anda karena alasan apa pun, akan menjadi jalan yang panjang untuk mendapatkannya kembali. 

3. Identifikasi Setiap Masalah yang Hadir

Dalam mencapai target penjualan, terkadang ada saja masalah yang menjadi penghambat. Dalam hal ini, para manager perlu bekerja untuk menghasilkan solusi dan mendorong kolaborasi. Sekaligus juga harus mencari cara seperti apa saja langkah-langkah dan cara memotivasi tim sales yang baik.

Bantu anggota tim sales Anda untuk menentukan dengan tepat apa yang menghalangi mereka mencapai tujuan kerja. 

Ini merupakan cara yang bagus untuk membantu membangun kepercayaan dan pemecahan masalah dengan cepat. Selain itu, juga mendorong anggota tim untuk melihat Anda bukan hanya sebagai supervisor, tetapi juga sebagai mentor yang patut diteladani.

Luangkan waktu untuk berbicara dengan setiap perwakilan penjualan Anda setiap minggu untuk membahas dan mencari tahu apa yang berhasil, apa yang tidak, dan bagaimana Anda dapat membantu. 

4. Memberi Reward

Tentu saja semua orang suka diberi hadiah atau reward usai melakukan pekerjaan dengan baik. Pemberian reward pun diharapkan mampu menumbuhkan motivasi untuk bekerja lebih baik lagi.

Tapi tidak semua orang termotivasi oleh hal yang sama, dan mungkin perlu sedikit persiapan untuk menemukan hadiah yang tepat untuk seorang individu. Insentif gaji biasanya menjadi reward paling umum,  tetapi mungkin juga ada karyawan yang lebih suka memiliki waktu liburan ekstra. Tidak ada salahnya bertanya kepada anggota tim apa yang dia sukai.

Selain itu, jangan pernah meremehkan kekuatan dari kata-kata. Ingatlah untuk selalu berterima kasih kepada staf Anda jika mereka melakukan sesuatu dengan baik maupun memujinya. Ini adalah hal kecil yang dapat berdampak besar. 

5. Peluang Pengembangan Diri

Kebanyakan orang ingin memperbaiki cara mereka melakukan pekerjaan. Memberi anggota tim sales Anda kesempatan untuk mempelajari keterampilan baru dan mengambil lebih banyak tanggung jawab adalah salah satu cara memotivasi tim sales yang baik. Pengembangan karir tidak hanya baik untuk anggota tim tetapi juga baik untuk seluruh tim penjualan. 

Itulah beberapa cara memotivasi tim sales yang bisa diterapkan agar mampu mencapai target. Maksimalkan juga kinerja tim sales dengan Pakaryo.id aplikasi monitoring pekerjaan karyawan yang dilengkapi berbagai fitur untuk mempermudah kinerja tim Anda!

5 Cara Memotivasi Tim Sales untuk Mencapai Target

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?